Berita Bisnis di Jepang Saat Ini – Business-Flash

Business-Flash.net Situs Kumpulan Berita Bisnis di Jepang Saat Ini

Mengenal Satoru Iwata 1

Mengenal Satoru Iwata 1 – Satoru Iwata adalah seorang programmer dan pengusaha video game Jepang terkenal yang paling dikenal sebagai presiden keempat dari perusahaan video game Jepang, Nintendo. Dia kemudian mengambil tanggung jawab tambahan sebagai CEO Nintendo of America. Sebelum bergabung dengan Nintendo, ia menjabat sebagai programmer untuk HAL Laboratory, Inc., yang ia ikuti selama masa kuliahnya. Saat masih di HAL, ia berkolaborasi dengan Nintendo di sejumlah video game dan mendekati Hiroshi Yamauchi, presiden perusahaan saat itu. Dia melatih dirinya sendiri dalam pemasaran dan membantu HAL dan Nintendo dalam meningkatkan margin keuntungan mereka. Ia juga dikenal karena ide-ide revolusionernya, dan memiliki peran besar dalam mengembangkan Nintendo DS layar ganda yang dilengkapi sentuhan, Wii yang dikendalikan gerakan, dan dalam membuat konsep patung-patung Amiibo. Dia menjadi wajah publik perusahaan di tahun-tahun berikutnya dan menjadi pembawa acara serial wawancara berjudul ‘Iwata Asks’ dan menunjukkan selera humornya di ‘Nintendo Direct’, serangkaian konferensi pers online. Seorang programmer yang mahir, yang juga seorang gamer yang memproklamirkan diri, ia sangat dihormati oleh programmer dan gamer.

Fakta Singkat

  • Ulang Tahun: 6 Desember 1959
  • Meninggal Pada Usia: 55
  • Tanda Matahari: Sagitarius
  • Juga Dikenal Sebagai: Iwata Satoru
  • Lahir Di: Sapporo
  • Terkenal Sebagai: Mantan Presiden & CEO Nintendo

Keluarga:

  • Pasangan/Mantan: Kayoko Iwata (L. ?–2015)
  • Ayah: Hiroshi Iwata
  • Meninggal Pada: 11 Juli 2015
  • Tempat Kematian: Kyoto
  • Pendiri/Co-Founder: Project Sora

Masa Kecil & Kehidupan Awal

Satoru Iwata lahir pada 6 Desember 1959, di Sapporo, Jepang. Ayahnya, seorang politisi, menjabat sebagai pejabat prefektur di sana dan kemudian terpilih sebagai walikota Muroran. http://daftarsbobet88.sg-host.com/

Satoru Iwata menjadi tertarik pada komputer dan video game saat di sekolah menengah, dan mulai membuat game sederhana di kalkulator HP-65 yang dapat diprogram selama tahun pertamanya di Hokkaido Sapporo South High School.

Pada tahun 1978, ia mendaftar ke Tokyo Institute of Technology dengan jurusan ilmu komputer dan membeli komputer pertamanya, Commodore PET, yang kemudian ia bongkar untuk mempelajari cara kerjanya.

Karir di HAL

Pada tahun 1980, saat masih belajar di universitas, Satoru Iwata diundang ke perusahaan pengembangan game, HAL Laboratory, Inc, untuk bekerja sebagai programmer paruh waktu. Sebagai bagian dari perusahaan, ia mengembangkan perangkat periferal untuk memungkinkan komputer lama menampilkan grafik terbaru, yang membantu mereka menjadi perusahaan pertama yang memperoleh lisensi dengan Namco untuk mengembangkan game.

Mengenal Satoru Iwata 1

Setelah lulus pada tahun 1982, ia menjadi karyawan penuh waktu kelima di HAL, serta satu-satunya programmer. Tahun berikutnya, ia menjadi koordinator produksi perangkat lunak perusahaan dan membantunya mencapai kesepakatan dengan Nintendo untuk memproduksi game untuk Nintendo Entertainment System (NES) yang baru dirilis.

Dimulai dengan pelabuhan game arcade 1982 ‘Joust’, ia melanjutkan untuk mengerjakan game seperti ‘Balloon Fight’, ‘NES Open Tournament Golf’, ‘EarthBound’, dan game ‘Kirby’. Dia bahkan menciptakan metode kompresi datanya sendiri untuk ‘Open Tournament Golf’, sebuah game yang awalnya ditolak oleh beberapa pengembang besar karena sulitnya menyimpan data dalam jumlah besar di kartrid NES.

Pada tahun 1983, dengan dukungan Presiden Nintendo saat itu, Hiroshi Yamauchi, ia diangkat menjadi presiden HAL, pada saat perusahaan berada di ambang kebangkrutan. Dia berhasil memulihkan perusahaan dari utang 1,5 miliar dalam waktu enam tahun, sering kali memoles keterampilan manajemennya dengan membaca buku atau menerima nasihat dari para profesional berpengalaman.

administrator

Back to top